30 Maret 2009

Mengenal Gundam Plastic Model

Kali ini saya mau membicarakan tentang Gundam Plastic Model (Gunpla). Gunpla adalah model plastik dari mecha2 yang ada di serial Gundam, mulai dari Gundam pertama (Mobile Suit Gundam) sampai yang terbaru (Gundam 00). Gunpla pertama kali muncul tahun 1980 seiring dengan tayangnya serial Mobil Suit Gundam dan masih terus bertahan sampai sekarang.Sekarang ini, umumnya Gunpla dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat kesulitan, yaitu High Grade (HG), Master Grade (MG) dan Perfect Grade (PG).

HG merupakan Gunpla dengan tingkat kesulitan cukup mudah dan tidak mempergunakan rangka dalam (kecuali untuk beberapa model khusus). Tidak begitu rumit baik dalam pengerjaan maupun dalam detail. Sampai saat ini ukuran yang ada adalah skala 1/144 dan 1/100. Harganya (tergantung ukuran dan dimana belinya) berkisar antara 150-250ribu rupiah.

Untuk MG dan PG, sejujurnya saya tidak mengetahui tipe kesulitan karena harganya mahal (gak ada dana). Tapi dari berbagai sumber yang saya baca, kedua tipe ini tingkat kesulitannya tinggi, terutama untuk PG. Baik MG maupun PG mempergunakan rangka dalam dan detailnya rumit. MG berskala 1/100 dan 1/60 sedangkan PG berskala 1/60. PG merupakan model dengan tipe terbatas, hanya untuk mecha2 yang populer sekali. Sejauh ini baru ada beberapa model saja yang saya tahu yaitu Gundam Rx-78, Gundam MkII, Zaku II, Zaku II Char Custom, Z Gundam dan Gundam Wing Custom. Untuk pengerjaan PG diperlukan sedikit kemampuan elektronika karena pada PG ada pemasangan beberapa lampu LED. Untuk harga MG diatas 350ribu rupiah sedangkan untuk PG diatas 2juta rupiah.

Selain ketiga tipe diatas, ada 2 tipe lainnya yaitu First Grade(FG) dan SuperDeformed (SD). FG diperkenalkan tahun 1999 dengan hanya 3 jenis (Gundam RX-78, Zaku II dan Zaku II Char Custom) dan kembali diluncurkan pada tahun 2007 untuk seri Gundam 00. Berbeda dengan HG, FG memerlukan pengecatan lebih lanjut untuk memperbagus. Sedangkan SD, ciri khasnya adalah kepala besar dan badan buntet. Merupakan GunPla paling mudah dikerjakan dan paling murah.

Demikianlah perkenalan mengenai GunPla, nanti akan saya berikan tips2 merakit bagi pemula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar